Minggu, 15 April 2012

Ramayana Ballet


Pada waktu tertentu, di panggung terbuka dan panggung trimurti kompleks Candi Prambanan digelar pertunjukan Ramayana Ballet. Pertunjukkan oleh ratusan penari di atas panggung menceritakan kisah romantis dikemas dengan balutan seni gerak dan tari yang apik. Pagelaran Sendratari yang mengambil cerita epos Ramayana tentang kisah Rama dan Shinta ini menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.


Pada musim kemarau (bulan Mei s.d Oktober) sendratari Ramayana digelar di Panggung Terbuka selama empat hari berturut-turut, mulai pukul 19.30-21.30 WIB. Sendratari ini disajikan dalam empat episode dengan satu episode per malamnya. Keempat episode tersebut adalah; Hilangnya Dewi Shinta, Hanuman Sang Duta, Gugurnya Sang Kumbakarna, dan Api Suci Dewi Shinta. Sendratari dibawakan secara kolosal oleh lebih dari 200 penari di pelataran Candi Prambanan yang tampak megah dan anggun oleh tata lampu yang meneranginya.

Pada musim penghujan (bulan November s.d April), sendratari digelar di Panggung Trimurti (indoor) dan cerita dibawakan secara penuh tiap malamnya, dan dipentaskan setiap Selasa dan Kamis yang dibawakan oleh lebih dari 50 penari profesional dengan durasi 2 jam.
Lokasi : Panggung Terbuka Ramayana & Panggung Trimurti, di kompleks Candi Prambanan,  Jl. Solo.
Waktu pertunjukan : 19.30 – 21.30. Durasi 2 jam. Untuk Panggung Trimurti seminggu dipentaskan dua kali: setiap Selasa dan Kamis. Tapi kalo ada pemesan rombongan yang memesan di luar hari tersebut, akan diusahakan oleh pihak pengelola.
Fasilitas : toilet, tempat jualan cendera mata minuman dan makanan ringan, buklet kecil tentang sinopsis Ramayana Ballet (dalam beberapa bahasa : Indonesia, Inggris, Jepang, Cina, Perancis, Belanda, dll)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar